Yudha Saputera, Basket, Anime, dan Balapan Minum Susu (?)

Darimana sih rasa percaya diri lu berasal Yud?

“Gue itu dari kecil sering banget nonton anime. Dragon Ball, Captain Tsubasa, Kuroko no Basket gitu, gitu. Pokoknya gue seneng banget deh.”

“Dari situ gue jadi terpengaruh buat selalu pengen jadi “Ace”. Jadi yang terbaik di sebuah tim. Jadi orang yang diandelin sama orang sekitar. Ngasih kontribusi terbesar buat sesuatu.”

“Kalo main bola gue pengen jadi striker karena Tsubasa juga striker. Kalo main jadi power ranger, gue pengen jadi power ranger merah juga. Gue selalu percaya aja sih kalo bisa jadi bintang utama dalam setiap hal yang gue lakuin gitu.”

“Kayanya anime juga yang mempengaruhi gue buat punya jiwa kompetitif. Gak tau kenapa dari kecil gue tuh gak suka kalah. Kompetitif banget. Segalah hal dilombain sama saudara gue.”

“Mulai dari cepet-cepetan minum susu, main kelereng, congklak, semuanya gue selalu pengen menang.”

“Gue jadinya selalu nangis kalo kalah. Apalagi kalah kalo misal gue tau seharusnya bisa menang. Itu gue kesel banget deh parah.”

“Setiap momen ketika gue kalah di basket,  itu bikin gue makin ngeri latihannya. Setiap malem latihan dari hari Senin sampe Sabtu. Bersyukur punya orang tua yang selalu ngedukung, padahal latihan sampe tengah malem.”

“Gue juga beruntung bisa ketemu pelatih yang membimbing gue. Gue dapet kesempatan latihan sama orang-orang yang jauh lebih tua dari gue dulu. Di situ gue ditempa. Pelan-pelan percaya diri gue tumbuh”

“Terus gue juga dapet kesempatan masuk seleksi Porda Cirebon 2014 juga. Gue ngerasain satu lapang sama idola-idola gue.”

“Dan gue gak mau tau gimana caranya gue harus bisa main sama mereka. Meskipun gue paling pendek dan muda di tim.”

“Tapi untungnya mereka itu baik dan mau bantuin kasih masukan. Dan momen ketika gue kepilih tuh jadi momen ketika gue tau kalo gue bisa.”

Diraguin sama orang sekitar?

“Pernah gue tanding lagi lawan salah satu SMP di Cirebon, pelatihnya ngomong, “Masa jaga orang pendek gitu aja gak bisa?”. Dan waktu itu gue kaget banget!”

“Tapi untungnya gue itu orangnya masa bodo. Jadi yaudah gue gak peduliin.”

“Meskipun pas SMA kelas 2 gue sempet concern soal size gue yang semeter kotor ini. Yang terlalu pendek dan kecil. Tapi gue tetep berjuang soalnya gue ngeliat banyak kok orang pendek yang bisa ngasih kontribusi besar buat tim.”

“Gue juga jadi sadar kalo semua hal itu ada plus minusnya. Gue ngerasain defend orang yang lebih pendek dari gue itu setengah mati. Terus gue mikir, kalo mungkin itu juga yang dirasain orang gede kalo jaga gue.”

Apa ketakutan terbesar lu?

“Banyak yang nanya gue, “Bang gimana sih caranya bisa masuk terus 3 point-nya?”. Gue juga bingung sih jawabnya. Ya gue pokoknya latihan terus aja.”

“Soalnya ketakutan terbesar gue tuh kalo gue ngerasa cukup. Terus gue jadinya mentok gak berkembang. Makannya gue banyak latihan supaya jadi pede.”

Apa momen terendah lu selama main basket?

“Momen terendah gue itu ya pas kecoret PON 2016 sih. Itu gue galau lumayan lama. Pertama kalinya gue dicoret sama pelatih. Apalagi gue masuk ITHB dan latih tanding juga sama mereka.”

“Tapi setelah PON dimulai, di situ gue ngerasa ya mungkin emang ini jalan yang terbaik buat gue. Kalo gue gak kecoret, mungkin gue bakal puas duluan.”

“Makannya menurut gue jatuh itu penting, karena gara-gara kecoret gue mulai latihan lebih ngeri lagi.”

Apa sih senjata lu yang membuat lu bisa sejauh ini Yud?

“Menurut gue mental sih. Berdasar observasi gue, banyak banget pemain yang secara skill lebih jago dari gue. Secara size lebih besar dari gue. Tapi sebelum tanding udah pucet duluan.”

“Dan gue merasa sayang banget. Gue aja berharap punya skill dan size kayak mereka tapi gak bisa. Jadinya gue belajar juga kalo skill dan size itu gak menjamin pemain bakal kasih impact di lapangan.”

Apa quote favorit lu?

“Be the best version of you”, itu quote favorit gue dari SMA sampe sekarang.

Follow blog ini buat dapetin cerita eksklusif lainnya! Jangan lupa share dan comment juga! 🙂

Oh ya, seberapa ngeri latihan lu?

Published by Michael Andianto

Dulunya pemain basket, sekarang jadi penulis. Ada yang bilang tulisannya ngena, ada yang bilang tulisannya lucu, tapi yang pasti dia nulis dari hati. Check me out on: IG: @michaelandianto Facebook: Michael Andianto

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started