Mikael Elfonda dan Persahabatannya Sama Basket

Apa sih arti basket buat lu?

“Basket tuh udah kayak sahabat gua sih. Gua seneng, dia ada. Gua sedih, dia ada. Gua biasa aja… dia juga selalu ada.”

“Pas kelas 8, gua ditinggal salah satu orang terdekat yang sangat berarti di hidup gua. Kejadian itu merubah gua jadi orang yang sangat tertutup. Memendam semua masalah sendiri. Gak pernah bercerita soal masalah yang gua alamin”

“Gua jadi individualis. Gak merasa membutuhkan ataupun dibutuhkan orang lain.”

“Gua gak punya banyak terman. Cara gua memandang hidup berbeda, cara gua melihat masalah juga beda. Gua gak merasa diterima sama orang sekitar.”

“Gua merasakan yang namanya sedih sendirian dan juga seneng ya sendirian.”

“Jadi individualis bikin gue jadi arogan & egois. Ditambah gue harus pindah dari Bogor ke Jakarta buat lanjut SMA. Ninggalin segelintir sahabat yang gue punya. Masuk ke lingkungan baru sebagai orang asing, bikin gue makin sendirian lagi.”

“Selama masa itu, basket jadi pelarian gue dari semua masalah.”

“Jadi sarana gue berdamai dengan diri gue sendiri. Karena gua selalu ngerasa kalo apa yang gua alamin ini karena kesalahan gua. Tapi ketika main di lapangan, gua merasa tenang.”

“Basket ngajarin gua soal kekeluargaaan. Ketika gua di sekolah dan bisa main basket bareng kakak kelas yang bahkan gak gua kenal. Di situ gua ngerasa kalo gue menjadi bagian dari sesuatu yang gua gak pernah punya.”

“Basket ngajarin gua soal rendah hati. Ketika gua jadi arogan dan merasa jago, gua diajarin buat bisa nerima kritik supaya bisa berkembang.”

“Basket ngajarin gua soal menghormati orang lain, khususnya semua orang di tim. Belajar ngebangun persaudaraan yang waktu itu gak bisa gua dapet di tempat lain.”

“Menjadi sarana pendewasaan gua juga sih. Berjuang bangkit setelah cedera lutut. Membuang ego buat kepentingan bersama. Belajar berkorban buat sebuah keluarga.”

“Yang paling berkesan buat gua adalah pertandingan gue terakhir di SMA. Kita jadi juara sebagai tuan rumah. Gua berdiri di tengah lapang ketika peluit bunyi dan kita menang di final.”

“Ngelihat semua orang teriak bahagia. Sampai ada temen lompat dari tribun buat selebrasi di lapang. Semua orang dari setiap angkatan nyampur jadi satu.”

“Kita pelukan dan bahagia bersama, dari ibu kantin sampai satpam gerbang sekolah. Semuanya jadi satu seneng bareng-bareng.”

“Dan gue ada di tengah-tengahnya.” 

“Berangkat sebagai seorang individualis yang egois. Gua jadi bagian dari tim basket yang mempersatukan sekolah”

Kalo gitu, apa yang mau lu bilang ke diri lu yang dulu?

“Lu tuh belom jago, mungkin menurut lu sendiri lu jago, atau kata temen-temen lu. Tapi hidup itu harus tetep maju, selama lu maju, lu pasti gak mungkin di atas terus.”

“Hanya karena lu punya potensi, jangan cepet puas dan merasa cukup. Kalo gitu caranya, gak akan ada karya yang lebih “WOW” yang lu buat.”

Ini cerita Mikael Elfonda dan persahabatannya sama basket.

Published by Michael Andianto

Dulunya pemain basket, sekarang jadi penulis. Ada yang bilang tulisannya ngena, ada yang bilang tulisannya lucu, tapi yang pasti dia nulis dari hati. Check me out on: IG: @michaelandianto Facebook: Michael Andianto

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started