Kisah Nyata Survive Di Sekolah Tanpa Punya Alat Tulis!

Gue masih inget waktu gue dulu SD, awal tahun ajaran tuh selalu jadi bagian spesial yang menyenangkan.

Gue, sama nyokap dan koko gue, bakal ke Pasar Caringin buat beli peralatan belajar baru. 

Kita udah ada langganan, penjualnya itu waktu kecil gue sebut Tante Pelangi atau disingkat TP, karena emang rambut tantenya yang dicat warna warni. Mungkin pekerjaan sampingan dia punya toko cat rambut kali ya, soalnya beneran warna warni dari ungu sampe pink di satu kepala. 

Nah si Tante Pelangi ini hopeng banget sama nyokap gue. Ya maklum ibu-ibu lah tiap ketemu pasti ngerumpi bareng kan, jadi pergi ke tempat itu tuh gak mungkin sebentar. 

Padahal setiap di perjalanan kesana nyokap gue selalu wanti wanti, contohnya kayak di perjalanan kali ini…

“MEKK!! NDAK BOLEH BELI BANYAK-BANYAK YAAA! SAYANG NDAK KEPAKE!”, Bilang nyokap gue dengan nada medoknya dan semangat membara.

Kebetulan bonyok gue itu orang Jawa Timur, jadi keluarga gue sangat kental dengan nada medok dan intonasi yang menggebu-gebu.

“AWAS JUGA YAA KAMU BELI MAENANN! KEMAREN WES BELI, NDAK BOLEH LAGI DI RUMAH UDAH BANYAK!” 

Salah satu alasan gue seneng ke toko Tante Pelangi tuh karena di toko itu juga menjual mainan. Jadi gue suka napsu kalo udah liat begituan eh mainan, bisa minta sampe nangis.

“AWAS JUGA KALO BELI BOLPEN TERUS ILANG YAA, KAMU TUH NDAK PERNAH SAYANG MBEK BARANGG!!!!”

Nyokap gue udah paham sama anaknya, udah tau kalo gue itu gampang banget ngilangin barang. Gue parah sih cerobohnya. iPod gue aja 2 kali pernah masuk mesin cuci gara-gara lupa dikeluarin dari celana.

Tapi ya namanya anak-anak udah pasti jawaban gue “Iya mi”, sambil angguk-angguk kaya guk guk.

Ape lu liat-liat? mau gue sundul?

—————-

Semangat belanja buat sekolah berakhir sejak gue masuk SMP dan mulai main basket.

Dari SMP sampai SMA, kondisi perlengkapan sekolah gue itu sedikit mengenaskan. 180 derajat dari jaman SD yang sangat prepared.

Rekor sih pas SMA, gue belanja buku dan alat tulis cuma satu kali dalam 3 tahun. Beneran sekali.

Bonyok gue pun sempet bingung dan nanya ke gue, “Mek, kok kamu sekarang udah gak pernah beli alat tulis sih?”.

Dan gue dengan santai jawab, “Iya mi, abis udah ada kok biasa beli di sekolah langsung.”

“Oh yaudah kalo gituuu”, jawab bonyok gue beranggapan semua aman-aman aja.

Dulu gue nyeremin banget ya… Sampe sekarang sih..

Tapi sebenarnya, ada sesuatu yang gak aman guys. Sesuatu yang mengenaskan…

Gue itu sial dan gak modal masalah alat tulis pas SMP & SMA.

Sebenernya yang bikin gue gak modal itu adalah kecerobohan gue sendiri. Ninggalin bolpen sembarangan terus ujungnya lenyap ditelan bumil eh bumi.

Jadi setiap gue beli bolpen, entah kenapa selalu bertahan dalam kaleng pensil untuk 2 atau 3 hari aja. Udah gitu tiba-tiba ngilang.

Tapi anehnya yang ngilang itu selalu bolpen yang bagus-bagus doangg. Biasa tuh gue suka beli yang paketan isi 5 bolpen buat satu semester. Ajaibnya bolpen gue habis dalam waktu sebulan. Bukan habis tintanya tapi habis semuanya gak tau kemana.

Sampai ujungnya 1 kaleng pensil gue juga pernah ilang pas SMA…

Gue jadi kesel dong. Tiap beli selalu ilang, sampai akhirnya gue frustasi dan mencari jalan keluar. 

Untungnya ada solusi brilian yang mengantarkan gue lulus SMA tanpa khawatir soal alat tulis lagi.

Gue menganalisis pola ketika beli bolpen baru, gak lama pasti ilang. Udah gitu gue beli lagi, dan akhirnya ilang juga. Beli lagi, ilang lagi. Beli, ilang. Gitu aja terus sampe lebaran tahun depan.

Nah supaya gak hilang, yaudah gue gak beli alat tulis baru lagi.

Fun fact, dulu gue pernah ikut fashion show di acara sekolah guys.

Terus kalo lu bingung dan nanya, “Gimana caranya lu sekolah bre?”

Nih gue bagi tipsnya…  Kalo misal lu perhatiin temen-temen lu, khususnya perempuan nih ya.

Kebanyakan dari mereka itu pasti punya banyak bolpen atau pensil di tempat pensilnya. Dan percaya deh, mereka itu pasti yang dipake cuma 1 atau 2 aja, tapi cadangannya ada 5.

Yaudah deh, dengan misi mengurangi polusi lingkungan karena plastik dan tinta. Gue pun secara bergiliran minjem dari temen-temen cewek sekelas gue. Bahkan kadang cewek kelas sebelah, sekalian modus #eaaaa

Tapi… eits ada tapinyaaa, ada kriteria khusus buat mereka yang jadi korban gue. Kok bahasanya korban ya, gue jadi kayak penjahat wkwkkw iyak tapi pokoknya mereka itu harus:

  1. Tulisannya bagus dan rajin.

Gue percaya, apa yang lu tebar maka itu yang lu buang eh, itu yang lu raih. Jadi supaya gue mendapat pinjaman bolpen, ya gue menyebarkan pujian-pujian buat catetan temen gue yang emang bagus ini.

“Eh! tulisan lu kok bagus banget sih! Catetan lu enak banget dibaca! Tulisannya mengalir dan tintanya kaya gak ketebelan ”

“Lu pake bolpen apaan? Kayaknya enak banget. Boleh pinjem gak?”

Gak lama setelah itu, gue udah mendapat pinjaman bolpen di tangan gue.

Plus gue berhasil mendapat pinjaman dari hati yang berbunga-bunga MUAHAHAHAHAHAA #ketawajahat

  1. Rapih dan perhatian di kelas.

Faktor kedua nih penting banget. Gue kan orangnya sering lupa, kalo gue minjem ke orang yang sering lupa juga, gue jadi gak tanggung jawab dong. Nanti ilang lagi.

Tapi kalo gue minjem dari anak yang rapih dan perhatian, mereka itu sepulang sekolah bakal ngecekin semua perlengkapan mereka. Dan mereka tidak akan lupa menagih bolpen yang mereka pinjamkan ke gue.

Senang rasanya ada yang mengingatkan, gue jadi gak nambah dosa #lho

  1. Memiliki empati yang tinggi dan berjiwa keibuan.

Sebenernya yang ini sih sifat bawaan yang umumnya ada kalo mereka punya 2 sifat di atas. Lama-kelamaan karena gue keseringan minjem, mereka jadi iba sama gue. Mereka merasakan penderitaan gue yang harus minjem sana-sini setiap hari. 

Sampai akhirnya ada temen gue yang bilang gini:

“Gue kasian ama lu Mike… Udah ambil aja dah bolpennya”

“Serius lu?”, jawab gue

“Iya abis udah lu pake ¾, sekalian aja lu abisin dah”

“Anjir, pantes catetan lu bagus, abis bolpennya enak banget!”, Gue gak tau kenapa balesnya gini. Tapi ya ujungnya gue dapet bolpennya sih #yeayyyy

Ada juga yang saking ibanya sampe gak banyak omong dan langsung peka…

Ceritanya gue pagi-pagi masuk kelas, naro tas di kursi lalu duduk. Muka gue udah lemes kurang tidur kecapean latian. Terus gue melihat temen gue menghampiri.

Dia tersenyum lalu bilang, “Nih Mike bolpen lu, gue simpenin biar gak liang.”

Di momen ini gue langsung terharu dan berkaca-kaca… Oh masih ada orang baik di dunia :”)

—————-

Untungnya guys, kenakalan gue ini berakhir di semester terakhir gue SMA. 

Jadi beres semester 1 kan ada Pesta Natal bulan Desember. Kebetulan pada saat itu gue ada “teman dekat”. 

Kita ngadain tuker kado berdua deh.

Gue ngasih dia bolpen Parker. Dia ngasih gue kaleng pensil bertuliskan “Never Give Up!”beserta alat tulisnya. Niatnya sebagai bentuk penyemangat belajar menjelang kuliah.

Kebetulan dia juga tau kalo gue emang menyedihkan soal alat tulis.

Berhubung itu hadiah, dan dia orangnya baik banget sama gue. Gue berusaha buat nyimpen pemberiannya baik-baik. Gue gak mau ngehilangin barang yang udah dia kasih.

Dan sejak gue menerima kado itu, Terjadi perubahan besar. Gue gak pernah lagi minjem ataupun kehilangan kaleng pensil dan alat tulisnya.

Ujungnya sih sampai sekarang ketika gue udah lulus kuliah dan kerja, gue masih pakai kaleng pensil pemberian dia tersebut.

Kaleng pensil semester terakhir di SMA.

Kaleng pensil yang sama, meskipun hubungan kita udah beda.

Ternyata emang bener,

“There will always be a reason why you meet people. Either you need them to change your life or you’re the one that will change theirs. – Angel Flonis Harefa” Madeline Sheehan

Makasih ya 🙂

Akhir kata, jangan tiru kelakuan gue pas SMA. Terus jangan lupa follow, like, comment, & postingan ini ya!

And last but not least, when the going gets tough. Just remember to…

Published by Michael Andianto

Dulunya pemain basket, sekarang jadi penulis. Ada yang bilang tulisannya ngena, ada yang bilang tulisannya lucu, tapi yang pasti dia nulis dari hati. Check me out on: IG: @michaelandianto Facebook: Michael Andianto

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started